Senin, 19 Juli 2010

Knapa Qta harus sarapan????


Megisi perut paling sulit di pagi hari. Nggak mudah mulut Qta menerima sarapan. Karena itu makanya Qta sering banget beralasan kalo disuruh sarapan.Udah kenyang,makanan nggak enak,nggak lapar,’N banyak alasan lagi. ’N nasi yang nggak banyak itu pun nggak semuanya habis Qta makan. Mekipun gitu ortu Qta – terutama ibu – akan setengah memaksa agar Qta tetep menghabiskan sarapan Qta. Knapa? O,banyak banget alasannya. Tapi sebelum Qta membahas alasannya, Qta kenalan dulu yuk ma yang namanya sarapan!!!!

Sarapan atau makan pagi adalah makanan yang disantap pada pagi hari. Waktu sarapan dimulai dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 10.00 pagi. Sarapan tuh waktu makan yang paling penting ’N sangat dianjurkan untuk dipenuhi, karena alasan kesehatan. Dianjurkan menyantap makanan yang ringan bagi kerja pencernaan, dengan mengkonsumsi makanan yamg punya serat tinggi, dengan protein yang cukup tapi dengan kadar lemak rendah.

Pengaruh Bagi Otak

Otak adalah sebuah anugrah tertinggi yang diberikan Tuhan kepada manusia. Letak kecerdasan manusia juga berada di dalam organ ini, untuk itu pemberian makanan yang baik dan teratur akan berpengaruh dengan fungsi dan kerja otak. Lebih-lebih di pagi hari, setelah semalaman manusia istirahat. Pagi hari adalah waktu terbaik untuk menyediakan makanan bagi otak Qta, salah satunya melalui sarapan yang teratur ’N bergizi.

Seorang ilmuwan mengatakan sarapan pagi merupakan makanan khusus untuk otak, hal ini didukung dari sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa sarapan berhubungan erat dengan kecerdasan mental, dalam artian, sarapan memberikan nilai positif tarhadap aktivitas otak, otak menjadi lebih cerdas, peka dan lebih mudah untuk berkonsentrasi. Hal ini secara tidak langsung akan mendatangkan pengaruh positif terhadap diri kita dalam beraktivitas, baik di sekolah ataupun di tempat kerja.

Sarapan yang baik harus banyak mengandung karbohidrat, karena kandungan karbohidrat yang kita konsumsi pada pagi hari, akan merangsang glukosa dan mikro nutrien dalam otak. Karena karbohidrat merupakan salah satu nutrien yang menghasilkan energi yang berfungsi untuk memacu otak.

Karbohidrat sendiri dibagi dalam dua jenis, yaitu karbohidrat simpleks dan karbohidrat kompleks. Dalam hal kecerdasan otak, yang perlu dikonsumsi adalah karbohidrat kompleks. Karbohidrat komplek sendiri adalah karbohidrat yang mengandung serat dan vitamin yang bisa dicerna dan diserap perlahan-lahan, sehingga kadar gula dalam tubuh naik secara perlahan. Karbohidrat jenis ini banyak dijumpai pada nasi, roti, jagung, kentang dan pasta.

Makanan berkarbohidrat kompleks mampu memberikan nilai lebih kepada fungsi otak, yaitu membantu memusatkan pikiran untuk belajar ’N memudahkan penyerapan pelajaran. Bisa dibilang tingkat konsentrasi dan penyerapan lebih baik dibanding individu yang nggak sarapan.

Sebuah survey yang dilakukan pada anak-anak dan remaja menyebutkan anak yang sarapan dengan makanan yang kaya akan karbohidrat komplek, memiliki performa, lebih bisa mencurahkan perhatiannya terhadap pelajaran, perilaku yang lebih positif, ceria, kooperatif, gampang berteman dan dapat menyelesaikan masalah dengan baik. Sedangkan bagi anak yang tidak sarapan, tidak dapat berpikir dengan baik dan selalu kelihatan malas.

Pikiran bahwa sarapan hanya untuk anak-anak atau menghindari sarapan demi mengurangi berat badan bukanlah pemikiran yang tepat. Ada alasan medis mengapa orangtua memaksa Qta untuk sarapan. Nih dia alasannya.

  • Anak-anak emang Lebih Butuh Sarapan

Orang dewasa butuh sarapan agar ia bisa berpikir lebih baik di sepanjang harinya, sementara untuk anak-anak, mereka lebih butuh sarapan. Tubuh anak-anak yang sedang bertumbuh dan otaknya yang sedang berkembang bergantung pada asupan makanan yang teratur. Ketika anak-anak melewatkan waktu sarapan, artinya perut mereka berada dalam keadaan kosong bisa hingga 18 jam sejak malam sebelumnya. Dengan kata lain, masa perut kosong selama itu termasuk dalam kategori semi-kelaparan, yang bisa menyebabkan banyak masalah fisik, intelektual, dan sikap bagi anak-anak.

  • Investasi yang Baik

Kalo kamu secara reguler melewatkan waktu menyantap sarapan demi bisa nambah waktu tidur lebih lama, ketahuilah mengkonsumsi makanan pagi yang bernutrisi justru akan menghemat waktumu lebih banyak lagi. Dengan mengisi ulang daya untuk otak dan tubuh, kamu akan bekerja lebih efisien dalam setiap aktivitas . Lebih menariknya lagi, studi menunjukkan bahwa anak-anak yang melewatkan waktu sarapan cenderung sering datang terlambat, bahkan sering pula tak masuk sekolah ketimbang anak-anak yang makan sarapan secara rutin. Menu susu dan sereal saja udah bisa dibilang sarapan. Waktu yang diinvestasikan untuk sarapan lebih berharga ketimbang waktu tambahan untuk tidur dengan melewatkan sarapan. Kalo kamu sulit untuk bangun pagi dan menyiapkan sarapan, kamu bisa mencoba menyiapkan sarapan dalam kotak makanan sejak malam sebelumnya agar bisa dimakan saat perjalanan di pagi hari menuju kantor atau sekolah.

  • Kurangi Berat Tubuh

Beberapa orang melewatkan sarapan dengan harapan bisa nurunin berat badan. Padahal, pada praktiknya, orang yang melewatkan waktu makan pagi justru akan menambah berat tubuh. Melewatkan makan pagi sudah seringkali dihubungkan dengan obesitas. Studi menunjukkan, bahwa anak-anak, remaja, dan dewasa yang berat tubuhnya di atas rata-rata melewatkan waktu makan pagi ketimbang orang yang ukuran tubuhnya lebih ramping.

Menurut penelitian, melewatkan waktu makan, khususnya sarapan, bisa membuat pengaturan berat tubuh lebih sulit. Orang yang melewatkan waktu sarapan cenderung makan lebih banyak makanan ketimbang ukuran porsi biasanya di jam makan berikutnya (makan siang) atau memiliki kecenderungan mengudap camilan berkalori tinggi untuk menanggulangi kelaparan. Bagi remaja, khususnya remaja perempuan, melewatkan sarapan mungkin menjadi hal yang sangat logis untuk mengurangi asupan kalori dan mengurangi berat tubuh.

Suka atau nggak suka, mau atau nggak mau, ternyata sarapan memberikan banyak efek positif bagi aktivitas yang akan dijalani. Menurut info yang saya baca, hanya minum teh ditambah beberapa potong kue atau biskuit, bukan merupakan sarapan. Dianjurkan agar makan secukupnya sebelum memulai aktivitas.

Berikut manfaat lain sarapan :

1. Memberi energi untuk otak Qta.

Sarapan dapat membantu meningkatkan daya ingat ’N konsentrasi sebelum tiba waktunya makan siang.

2. Sebagai pengganti waktu malam yang nggak terisi oleh makanan.

Setelah tidur selama kurang lebih 8 jam, maka zat gula dalam tubuh akan menurun, hal itu dapat digantikan dengan mengkomsumsi karbohidrat ketika Qta sarapan. Zat gula adalah salah satu sumber energi yang Qta terima ketika Qta mengkomsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.

3. Dapat meningkatkan metabolisme.

Apabila Qta terbiasa sarapan maka Qta akan memiliki metabolisme yang tinggi. Metabolisme identik dengan kemampuan tubuh membakar energi.

4. Meningkatkan daya tahan terhadap serangan stress.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa karyawan yang nggak terbiasa makan pagi akan memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk terkena depresi dibanding dengan yang terbiasa sarapan di pagi hari.

5. Agar perut ga bunyi “krucuk-krucuk” ketika di kantor atau di sekolah

Untuk anak usia sekolah, sangat dianjurkan untuk membiasakan diri makan pagi sebelum berangkat ke sekolah, karena sarapan dapat meningkatkan konsentrasi dan menjaga daya tahan tubuh sebelum tiba waktunya istirahat siang.

Jadi inget waktu sekolah dulu, ibu saya selalu memaksa saya untuk makan pagi sebelum berangkat ke sekolah. Kalo sekarang si ga usah dipaksa juga malah minta makan sendiri hehe..

Jadi usahakanlah sarapan secukupnya sebelum memulai aktivitas




Sumber : Dari berbagai sumber




Tidak ada komentar: